Belajar Sabar…


Kata “sabar” dan “koordinasi” itu tergolong kata yang sering diucapkan, disarankan, tetapi seringkali tak semudah yang kita duga, karena kesabaran itu terkadang di luar logika. Mungkin kita bisa mendapatkan hikmah dari dialog singkat di bawah ini, yang mungkin sering kita alami ketika berhadapan dengan para pihak yang “nggak tau” atau “nggak mau tau”.

Cucu: “Hai Nek…, Nenek lagi apa tuh?”

Nenek: “Nenek lagi nyari daun kelapa nih..”

Cucu: “Utk apa daun kelapa Nek?”

Nenek: “Untuk dibuat ketupat, Sayang..”

Cucu: “Trus ketupat untuk apa Nek?”

Nenek: “Untuk dimakan nanti”

Cucu: “Ooh nanti. Kalo sekarang nenek lagi apa?”

Nenek: “Ngambil daun kelapa. Hih!”

Cucu: “Untuk apa?”

Nenek: “Untuk dibuat ketupat. Udah nenek bilang kan tadi?”

Cucu: “Ketupat itu untuk apa nek?”

Nenek: “Ya untuk dimakanlah. Masa untuk keramas.”

Cucu: “Ohh gitu ya, Nek.”

Nenek: “Iya. Sudah pergi main sana. Jangan ganggu nenek.”

Cucu: “Kenapa?”

Nenek :”Nenek lagi sibuk.”

Cucu: “Sibuk ngapain sih Nek?”

Nenek: “Nyari daun kelapa. Kan udah dibilang tadiiiii…..”

Cucu: “Daun kelapa untuk apa?”

Nenek: “Untuk buat KETUPAAAAT!!!”

Cucu: “Nenek bicara sama siapa?”

Nenek:”Sama kamu lah!!”

Cucu: “Kenapa teriak teriak? Saya kan di dekat nenek.”

Nenek: “Karena kamu gak paham-paham. Nggak lihat apa nenek lagi kerja?”

Cucu: “Ooh. Kerja apa Nek?”

Nenek: “Arrrrrghhhhhhhh!!! NYARI DAUN KELAPAAAA!”

Cucu: “Daun kelapa untuk apa?”

Nenek: “Ya Alloohh… cucu aku Ini. Untuk dimakan!”

Cucu: “Kan ada beras di rumah. Kenapa nenek mau makan daun kelapa?”

Nenek: “Cucu nenek yang paling ganteng… Sebelum nenek dapet stroke, sebaiknya kamu pergi sana, biarkan nenek bekerja. Jangan ganggu yaaaaaaa…?”

Cucu: “Kok dapet stroke?! Jadi sebenarnya nenek nyari daun kelapa atau nyari stroke? Stroke itu apa sih Nek? Apa dia hijau juga kayak daun kelapa?”

Nenek:😦 AduhHHH..), aku stress! Aku stress stress stress!!

Cucu: “Kalo cari daun kelapa bikin stress, kenapa nenek masih nyari juga?

Nenek: “CUKUP!!! JANGAN TANYA LAGI..!! LEBIH BAIK KAMU PULANG KE RUMAH SEKARANG!!!! CEPAT!!

Cucu: “Iya, Nek .Nenek nggak ikut pulang?”

Nenek: “Enggak! Nenek lagi kerja!”

Cucu: “Kerja apa Nek?”

Nenek: “Cari daun kelapaaaaaaaa…..!”

Cucu: “Daun kelapa untuk apa sih Nek?”

Nenek: “Arrgghhh..!!! Tidak!! Tidak!!!! Tidaaaaaak!!!!!!!…

Nah, pernahkah kita mengalami hal seperti itu di atas dalam dunia konservasi dan pelestarian? Menghadapi orang yang nggak tau tapi sok tau, setelah dikasih tau, tetap nggak mau tau… Andai ada apotik yang jual pil sabar, kayaknya saya juga mau beli…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s