Veritas, Probitas, Iustitia. Truth, Honest, Justice


Pada tahun 2009, Prof.Dr.S.Somadikarta mengajukan usul ke Rektor Universitas Indonesia (UI) saat itu Prof.Dr.der Soz.Gumilar Ruswila Somantri, supaya UI punya motto sebagai pegangan hidup warga UI. Usulnya itu didasari pemikiran banyaknya anggota masyarakat intelektual yang sudah tercemar oleh lingkungannya sehingga lupa dengan kebenaran, kejujuran, dan keadilan dalam pola hidupnya. Beliau prihatin dengan meningkatnya plagiarism dan scientific fraud di kalangan warga perguruan tinggi. Selanjutnya beliau menekankan bahwa Kejujuran harus menjadi tulang punggung perguruan tinggi, sebagai penghasil generasi bangsa yang handal.

IMG-20131209-03804 cropAtas dasar pertimbangan itu, dan konsultasi dengan guru besar yang paham bahasa latin, maka Tim Penulisan Buku Sejarah dan Pekembangan UI mengusulkan secara resmi kepada rektor, motto UI yang kini tertulis di berbagai wahana UI, yaitu VERITAS, PROBITAS, IUSTITIA, yang secara harfiah diartikan BENAR, JUJUR, ADIL.

Motto universitas yang hampir mirip dengan motto UI adalah Universiteit Leiden: Praesidium Libertatis (Benteng Kebebasan) dan yang lebih mirip lagi adalah motto Freie Universitat Berlin: Veritas, Iustitia, Libertas (Benar, Adil, Bebas).

Tinggal sekarang, apakah civitas akademika UI dan para almuninya dapat menerapkan motto itu dalam perilaku dan kehidupannya? Ya kita sendiri dan Tuhan yang tahu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s