Ditemukan 18 spesies ikan baru di Indonesia


Beberapa artikel jurnal ilmiah mengenai ikan

Sila klik Halaman Reference bagian Ikan, terdapat 9 artikel ilmiah dalam jurnal ilmiah yang mendeskripsikan 18 spesies ikan yang baru ditemukan dan dikasih nama. Author utamanya Gerald R. Allen.

Spesies baru ini bukan berarti dulunya gak ada. Ikan itu mungkin sudah beranak pinak di tempat itu sejak kita belum lahir, tapi karena gak ada ahlinya, ya ikan-ikan itu gak punya nama ilmiah dan gak dikenal dunia ilmiah. Mungkin masyarakat setempat udah punya nama lokalnya, tapi selama belum ada yang mendeskripsikan dalam masyarakat ilmiah, ya ikan itu dianggap tak pernah ada. Sampai akhirnya peneliti yang emang “maeanannya” ikan, seperti Dr. Gerald Allen ini datang, dan mengetahui bahwa ikan itu belum punya nama ilmiah, setelah diukur, dianalisa, dibanding-bandingkan dengan spesies lain, lalu diproklamirkanlah dalam majalah/jurnal ilmiah mengenai spesies baru itu.

Masih ada yang bertanya apalah arti sebuah nama? Berarti banget kaleee…. Contohnya ya ikan-ikan yang udah idup lama di suatu tempat…kalo belum punya nama ilmiah, ya dianggap gak ada di dunia ini. Hehehehe….Jadi nama by any means is important..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s